[:id]
Sejarah
Program Studi Magister Pengajaran Fisika FMIPA ITB merupakan program magister yang didirikan dengan maksud membantu peningkatan kualitas guru/calon guru fisika SMA/MA atau IPA SMP/MTs. Program studi ini telah dijalankan mulai tahun 2006 dan telah terakreditasi BAN PT pada tahun 2011.
Tujuan
Tujuan Program Studi Magister Pengajaran Fisika adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu:
- Merperan aktif dan sukses sebagai guru dan/atau professional yang terkait dengan pendidikan fisika
- Mengikuti pendidikan lanjut dan menyelesaikannya dengan baik
- Menjadi panutan dan pelopor masyarakat dalam menuju tercapainya pendidikan yang berkualitas dan berkarakter.
- Mengkomunikasikan aspek-aspek fisika kepada komunitas yang berkecimpung dalam pendidikan fisika
Capaian (outcome) Lulusan
Lulusan Program Magister Pengajaran Fisika diharapkan:
- Mampu belajar sepanjang hayat dan memiliki akhlak seorang pendidik dalam hal mencari kebenaran ilmiah, terbuka, dan jujur.
- Mampu berpikir sistem, logis, dan komprehensif untuk merumuskan dan memecahkan masalah yang dihadapi serta memiliki kepekaan terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.
- Menguasai konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika dan IPA
- Mengikuti perkembangan metode dan teknologi pengajaran fisika dan IPA
- Memiliki keterampilan dalam mengembangkan metode dan teknologi pengajaran fisika dan IPA serta permasalahan non-rutin secara kreatif, menarik, dan efektif
- Mampu bekerja dengan baik secara mandiri maupun dalam tim
[:en]
History
ITB Physics Teaching Program was first founded in 2006 to improve the quality of senior high school (SMA/MA) and junior high school (SMP/MTs) teachers. The master’s program was accredited by BAN PT in 2011.
Objective(s)
We aspire to educate graduates who possess the following qualities:
- An active and successful teacher and/professional in physics education.
- Ability to continue to higher education and finish it with excellent results.
- A role model and a pioneer who leads people towards quality and distinguished education.
- Ability to communicate physical aspects to physical education community.
Outcome(s)
The graduate is expected to possess the following qualities:
- Ability of lifelong learning and adoption of an appropriate educator’s moral standards in looking for the ultimate truth. Acquirement of open-mindedness and honesty.
- Ability to think logically and systematically to formulate and solve problems and to be aware of what people and nature need.
- Excellent comprehension of the basic concepts and principles of physics.
- Ability to follow the state-of-the-art progress in methods and technology used in teaching physics.
- Ability to develop original, effective and engaging methods and technology in physics teaching.
- Ability to work individually and be a good team player.
[:]