Enter your keyword

Master Program in Physics Teaching

[:id]

Sejarah

Program Studi Magister Pengajaran Fisika FMIPA ITB merupakan program magister yang didirikan dengan maksud membantu peningkatan kualitas guru/calon guru fisika SMA/MA atau IPA SMP/MTs. Program studi ini telah dijalankan mulai tahun 2006 dan telah terakreditasi BAN PT pada tahun 2011.

Tujuan

Tujuan Program Studi Magister Pengajaran Fisika adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu:

  1. Merperan aktif dan sukses sebagai guru dan/atau professional yang terkait dengan pendidikan fisika
  2. Mengikuti pendidikan lanjut dan menyelesaikannya dengan baik
  3. Menjadi panutan dan pelopor masyarakat dalam menuju tercapainya pendidikan yang berkualitas dan berkarakter.
  4. Mengkomunikasikan aspek-aspek fisika kepada komunitas yang berkecimpung dalam pendidikan fisika
Capaian (outcome) Lulusan

Lulusan Program Magister Pengajaran Fisika diharapkan:

  1. Mampu belajar sepanjang hayat dan memiliki akhlak seorang pendidik dalam hal mencari kebenaran ilmiah, terbuka, dan jujur.
  2. Mampu berpikir sistem, logis, dan komprehensif untuk merumuskan dan memecahkan masalah yang dihadapi serta memiliki kepekaan terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.
  3. Menguasai konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar fisika dan IPA
  4. Mengikuti perkembangan metode dan teknologi pengajaran fisika dan IPA
  5. Memiliki keterampilan dalam mengembangkan metode dan teknologi pengajaran fisika dan IPA serta permasalahan non-rutin secara kreatif, menarik, dan efektif
  6. Mampu bekerja dengan baik secara mandiri maupun dalam tim

[:en]

History

ITB Physics Teaching Program was first founded in 2006 to improve the quality of senior high school (SMA/MA) and junior high school (SMP/MTs) teachers. The master’s program was accredited by BAN PT in 2011.

Objective(s)

We aspire to educate graduates who possess the following qualities:

  1. An active and successful teacher and/professional in physics education.
  2. Ability to continue to higher education and finish it with excellent results.
  3. A role model and a pioneer who leads people towards quality and distinguished education.
  4. Ability to communicate physical aspects to physical education community.

Outcome(s)

The graduate is expected to possess the following qualities:

  1. Ability of lifelong learning and adoption of an appropriate educator’s moral standards in looking for the ultimate truth. Acquirement of open-mindedness and honesty.
  2. Ability to think logically and systematically to formulate and solve problems and to be aware of what people and nature need.
  3. Excellent comprehension of the basic concepts and principles of physics.
  4. Ability to follow the state-of-the-art progress in methods and technology used in teaching physics.
  5. Ability to develop original, effective and engaging methods and technology in physics teaching.
  6. Ability to work individually and be a good team player.

[:]